Sanjiwani, Ida Ayu Ulan Nindika (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUDO PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS 3 DI SD NEGERI 1 MEGATI TABANAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031092-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031092-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031092-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031092-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031092-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan media pembelajaran permainan Ludo, serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media permainan Ludo pada Tema 2, subtema 1, Pembelajaran 1, kelas III SD di SD Negeri 1 Megati. Model yang menjadi acuan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba produk penelitian pengembangan ini dilakukan dengan me-review media Ludo kepada ahli media, ahli materi dan ahli praktisi untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner/angket. Jenis data yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode analisis deskriptif (kualitatif dan kuantitatif). Dilihat secara keseluruhan, Media pembelajaran berbasis permainan ludo ini Menperoleh skor menurut pakar materi sebanyak 4.40, pakar media sebanyak 4.67, pakar praktisi sebanyak 4.87. apabila dikonversikan memakai panduan konversi skala lima, seluruh skor ini berada dalam rentangan 4,00<X≤5,00. Sehingga, media pembelajaran berbasis permainan ludo dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik. Sayangnya, pada penelitian ini, tahap implementasi tidak dilaksanakan karena Situasi & syarat yg sedang pandemi nir memungkinkan buat melaksanakan implementasi ke anak didik lantaran menurut pihak sekolah nir menganjurkan bila hingga melibatkan siswanya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Permainan, Ludo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | IDA AYU ULAN NINDIKA SANJIWANI |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10973 |
Actions (login required)
View Item |