Yandani, Putu Evi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MUATAN MATERI PENGENALAN BANGUN RUANG SISWA KELAS I SD NO. 2 GULINGAN BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031149-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031149-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031149-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (475kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031149-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031149-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031149-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031149-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031149-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031149-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media pembelajaran khususnya untuk siswa kelas I SD yang tersedia di sekolah masih kurang guna menunjang proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang berdampak tidak maksimalnya proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran terutama muatan materi matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan media video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi bangun ruang siswa kelas I SD No. 2 Gulingan Badung tahun ajaran 2021/2022. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) dengan metode pengumpulan data yaitu metode kuesioner, observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas I SD No. 2 Gulingan. Hasil penelitian pengembangan berupa (1) rancang bangun produk media video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi bangun ruang kelas I SD yaitu (a) tahap analisis, (b) tahap desain, (c) tahap pengembangan, dan (d) tahap evaluasi, serta (2) media video pembelajaran matematika yang dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil penilaian dari (a) uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor (93,75%) dengan kualifikasi sangat baik, (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor (100%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor (95%) dengan kualifikasi sangat baik, (d) uji coba perorangan diperoleh skor (92,36%) dengan kualifikasi sangat baik, dan (d) uji coba kelompok kecil diperoleh skor (93,05%) dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan bangun ruang siswa kelas I SD No. 2 Gulingan Badung tahun ajaran 2021/2022 sangat layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, matematika, etnomatematika, bangun ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Evi Yandani |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10990 |
Actions (login required)
View Item |