Narina, Luh Rita (2022) SCAFFOLDING TECHNIQUE IN READING COMPREHENSION IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021111-COVER.pdf Download (657kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021111-ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (669kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021111-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021111-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021111-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi pemahaman membaca melalui teknik scaffolding dan hasil pemahaman membaca siswa yang diterapkan melalui teknik scaffolding. Subject dari penelitian ini yaitu guru EFL dan siswa kelas tujuh di SMP Negeri 4 Busungbiu tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas 7D yang terdiri dari 31 siswa. The reseach object dari penelitian ini yaitu 1) proses penerapan implementasi reading comprehension melalui teknik scaffolding 2) Kesulitan pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif orang and procedure. Design penelitian dari penelitian ini merupakan penelitian kelas. Penilitian kelas adalah mendiskripsikan apa yang sebenarnya terjadi dikelas (Fernández Abarca, 2004). Terdapat 3 Instrument yang digunakan yaitu 1) Pedoman wawancara untuk mengagali masalah dalam pengamatan awal 2) Proses implementasi diobservasi menggunakan Pendekatan scientific ,Tahap (tahap awal, inti, akhir) dan sytax 3) Test membaca menggunakan test pencapaian dengan bentuk tipe isian untuk mengetahui hasil pemahaman membaca siswa yang diterapkan melalui teknik scaffolding. Prosedur pengumpulan data: Pertama, proses implementasi reading comprehension through teknik scaffolding diobservasi Pendekatan scientific ,Tahap (tahap awal, inti, akhir) dan sytax 3) Test membaca menggunakan test pencapaian dengan bentuk tipe isian dan Kedua, Data hasil pemahaman membaca siswa yang diterapkan melalui teknik scaffolding dikumpulkan menggunakan Test pemahaman membaca. Penlitian ini menggunakan metode qualitatif dengan mengalisis yaitu proses penerapan teknik scaffolding dalam pemahaman bacaan dan hasil pemahaman membaca siswa yang diterapkan melalui teknik scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Teknik pembelajaran scaffolding dapat membantu pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif orang dan prosedur, yaitu: a) menemukan ide pokok dalam teks b) menemukan informasi spesifik yang terkandung dalam teks, c) mampu menemukan kata ganti yang tepat dalam teks d) siswa mampu memahami arti kata dalam teks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks Deskriptif, Pemahaman Membaca, Teknik Scaffolding |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Rita Narina |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 08:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 08:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11034 |
Actions (login required)
View Item |