Ardaningsih, Luh Ayu Novi (2022) AN ANALYSIS OF THE STUDENTS’ DIFFICULTY IN WRITING A DESCRIPTIVE PARAGRAPH VIEWED FROM THE WRITING INDICATORS IN SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1812021073-COVER.pdf Download (606kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021073-ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021073-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021073-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021073-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021073-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini menerapkan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif ditinjau dari tujuh indikator menulis di SMP N 2 Sawan; 2) mengidentifikasi dan menjelaskan alasan kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif ditinjau dari tujuh indikator menulis di SMP N 2 Sawan. Subjek penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan dua instrumen dalam pengumpulan data yaitu tugas menulis siswa dan wawancara kelompok terarah. Tugas menulis siswa digunakan dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesulitan siswa dalam menulis, sedangkan wawancara kelompok terarah digunakan dalam mengidentifikasi dan menjelaskan sumber kesulitan siswa dalam menulis. Para siswa diminta untuk membuat paragraf deskriptif dengan tiga topik berbeda yaitu, deskriptif tentang orang, hewan dan prosedur. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami kesulitan dalam menulis paragraf deskriptif. Kesulitan yang paling banyak dihadapi dalam menulis deskriptif tentang orang dan hewan adalah mekanika penulisan. Sedangkan kesulitan paling banyak dalam menulis deskriptif tentang prosedur adalah tata bahasa. Selain itu, sumber kesulitan siswa adalah kurangnya pengetahuan, pengetahuan awal yang buruk, dan memori yang buruk. Sumber yang paling berdampak pada kesulitan siswa adalah pengetahuan awal yang buruk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesulitan, menulis, teks deskripsi, tujuh indikator menulis, kesulitan menulis siswa, dan sumber kesulitan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Ayu Novi Ardaningsih |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11059 |
Available Versions of this Item
- AN ANALYSIS OF THE STUDENTS’ DIFFICULTY IN WRITING A DESCRIPTIVE PARAGRAPH VIEWED FROM THE WRITING INDICATORS IN SMP NEGERI 2 SAWAN. (deposited 12 Jul 2022 02:06) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |