Herlina, Ni Kadek (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA MUATAN IPS KELAS IV SD NEGERI 3 KETEWEL GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031089-COVER.pdf Download (990kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031089-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (474kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031089-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031089-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031089-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam muatan IPS sehingga siswa merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangunmedia pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual. Penelitian ini menggunakan model ADDIE ( Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji rancang produk dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan yang terdiri dari tiga orang siswa dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari sembilan siswa. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif . hasil penelitian tingkat kelayakan menurut ahli isi mata pelajaran sebesar 95,5%, ahli desain pembelajaran sebesar 95%, ahli media pembelajaran sebesar 91%, uji coa perorangan sebesar 95% dan uji coba kelompok kecil sebesar 94% dengan keseluruhan berkategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukan menunjukan bahwa media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual layak digunakan dalam proses pembelajaran materi keragaman budaya muatan IPS kelas IV Sd Negeri 3 Ketewel Kabupaten Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran buku digital, Kontekstual, keragaman budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Herlina |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:35 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11063 |
Actions (login required)
View Item |