Dewi, I Gusti Ayu Bintang Setya (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI DUA DIMENSI PADA MUATAN BAHASA INGGRIS MATERI PENGENALAN KOSA KATA SISWA KELAS VI SD No. 1 MEKAR BHUANA KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031301-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031301-ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031301-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (522kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031301-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031301-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031301-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031301-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031301-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031301-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rancang bangun pengembangan multimedia berbasis game edukasi dua dimensi pada muatan bahasa inggris materi pengenalan kosa kata siswa kelas VI SD No 1 Mekar Bhuana, (2) mengetahui kelayakan isi, desain dan media pembelajaran multimedia berbasis game edukasi dua dimensi pada muatan bahasa inggris materi pengenalan kosa kata siswa kelas VI SD No 1 Mekar Bhuana. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas VI SD No.1 Mekar Bhuana. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis pada proses pengembangan produk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, kuisioner/angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis game edukasi meliputi hasil (1) Deskripsi proses pengembangan multimedia interaktif interaktif berbasis game edukasi yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) Game edukasi dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk yang di antaranya: (a) Hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (b) Hasil penilaian ahli desain pembelajaran diperoleh skor 88,88% dengan kualifikasi baik, (c) Hasil penilaian media pembelajaran memperoleh persentase skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, (c) Hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor 92,42% dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) Hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh skor 90,40% dengan kualifikasi sangat baik. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yakni kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan fasilitas pada guru dalam proses pembelajaran dan agar dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian yang lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Game edukasi, Bahasa inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Bintang Setya Dewi |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:38 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11066 |
Actions (login required)
View Item |