Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Berorientasi Masalah Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis

Utami, Ni Putu Eka Sulistya (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Berorientasi Masalah Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011081-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011081-ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011081-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) berorientasi masalah kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yang dipilih terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Melalui pengundian, terpilih kelas VIII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Tes yang digunakan telah memenuhi kriteria valid dan reliabel dengan koefisien validitas dan reliabilitas, yaitu 1,00 dan 0,772. Data skor kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis dengan statistik uji-t (one-tailed independent samples t-test) pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran DMR berorientasi masalah kontekstual lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (t hitung > t tabel (2,282 > 1,671)). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran DMR berorientasi masalah kontekstual dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model diskursus multi representasi, masalah kontekstual, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Eka Sulistya Utami
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:17
Last Modified: 13 Jul 2022 07:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item