Utami, Ni Putu Eka Sulistya (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Berorientasi Masalah Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011081-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011081-ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011081-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011081-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) berorientasi masalah kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Manggis semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yang dipilih terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Melalui pengundian, terpilih kelas VIII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Tes yang digunakan telah memenuhi kriteria valid dan reliabel dengan koefisien validitas dan reliabilitas, yaitu 1,00 dan 0,772. Data skor kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis dengan statistik uji-t (one-tailed independent samples t-test) pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran DMR berorientasi masalah kontekstual lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (t hitung > t tabel (2,282 > 1,671)). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran DMR berorientasi masalah kontekstual dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model diskursus multi representasi, masalah kontekstual, kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eka Sulistya Utami |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:17 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11153 |
Actions (login required)
View Item |