Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Selumbung Kabupaten Karangasem

Wiratama, I Putu Adi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Selumbung Kabupaten Karangasem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031191-COVER.pdf

Download (602kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031191- ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031191-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031191-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031191-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031191-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031191-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1811031191-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031191-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun dari produk media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA Kelas IV (2) Menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA menurut hasil review para ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Model penelitian pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian (1) Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA dikemas dalam bentuk aplikasi yang memuat teks, audio, gambar, video pembelajaran. (2) Hasil uji kelayakan diperoleh sebagai berikut (a) hasil penilaian dari ahli isi materi pelajaran memperoleh hasil persentase 93,75% dengan kategori sangat baik, (b) hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 92,5% dengan kategori sangat baik, (c) hasil penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 90% dengan kategori sangat baik, (d) hasil penilaian produk dari uji perorangan memperoleh hasil presentase 90% dengan kategori sangat baik, (e) hasil penilaian dari uji kelompok kecil memperoleh presentase 96,66 % dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis Problem based learning pada Mata Pelajaran IPA layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, IPA, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Adi Wiratama
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:53
Last Modified: 13 Jul 2022 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item