PENGEMBANGAN E-BOOK EKSPLORATIF BERPENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Agustini, Kadek Trisna (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK EKSPLORATIF BERPENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011015-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011015-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011015-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasari oleh analisis kebutuhan akan media pembelajaran. Media pembelajaran yang kurang inovatif menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar. Matematika sebagai materi yang mengajarkan objek abstrak seringkali mengalami kendala dalam pembelajarannya. Apalagi jika pembelajarannya tidak didasari dengan masalah kontekstual, maka siswa menjadi kurang memahami kegunaan materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sebuah produk yang mempunyai sifat pembelajaran secara kontekstual menggunakan pendekatan PMRI. Produk yang dihasilkan berupa E-Book Eksploratif sebagai penunjang maupun media pembelajaran mandiri. Pengembangan E-Book Eksploratif ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang hanya sampai pada tahapan pengembangan dengan menggunakan evaluasi formatif. Produk ini berbentuk link yang memuat materi, media pendukung Geogebra, serta latihan soal dengan Quiziz. Validasi E-Book Eksploratif berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai sebesar 4,56 dengan kriteria sangat layak, sedangkan validasi E-Book Eksploratif berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai sebesar 4,5 dengan kriteria sangat layak. Hasil respon yang diberikan oleh salah satu guru dan 32 siswa di SMP Negeri 8 Denpasar pada tahapan uji coba diperoleh nilai 2,12 pada aspek daya tarik, 1,58 pada aspek kejelasan, 1,84 pada aspek efisiensi, 1,86 pada aspek ketepatan, 2,19 pada aspek stimulasi, dan 1,43 pada aspek kebaruan. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi serta respon guru dan siswa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa E-Book Eksploratif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran materi SPLDV di kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Book Eksploratif, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, SPLDV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Trisna Agustini
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:46
Last Modified: 13 Jul 2022 06:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item