PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Kadek Anggun Novia (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031044-COVER.pdf

Download (293kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031044-ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031044-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Studi ini bermaksud guna mengetahui (1) prototype video pembelajaran berbasis permasalahan, (2) validitas video pembelajaran berbasis permasalahan, dan (3) efektivitas video pembelajaran berbasis permasalahan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data yang dipergunakan yakni kuesioner dan tes pilihan ganda. Riset ini memperoleh temuan: (1) Video pembelajaran berbasis masalah dilakukan pengembangan mempergunakan pemodelan ADDIE lewat lima tahapan yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. (2) Hasil validitas video pembelajaran berbasis masalah dinyatakan valid dari review para ahli dan pengguna sangat baik dengan nilai 97,5% hasil praktisi; 94,2% sangat baik dari ahli materi; nilai 96,4% sangat baik dari ahli media; nilai 97,2% sangat baik dari uji coba perorangan; nilai 96,7% sangat baik dari uji coba kelompok kecil; nilai 98,4% sangat baik dari uji coba lapangan (3) Berdasarkan hasil uji efektivitas video pembelajaran berbasis masalah didapatkan hasil t-hitung (16,55) > t-tabel (2,024). Hal tersebut menunjukkan bahwasanya video pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Video pembelajaran, Validitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Anggun Novia Dewi
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:35
Last Modified: 13 Jul 2022 02:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item