Darmin, Saverinus (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 CIBAL (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 CIBAL KEC. CIBAL BARAT KAB. MANGGARAI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814041003_COVER.pdf Download (309kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814041003-ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1814041003- BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1814041003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1814041003-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814041003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1814041003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814041003-LAMPIRAN.pdf Download (368kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter religius dan toleransi pada siswa SMA Negeri 2 Cibal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian adalah kepala sekolah, kesiswaan, guru agama, guru PPKn dan siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Cibal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di dapatkan selanjutnya analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Strategi guru dalam membentuk karakter religius dan toleransi siswa di SMA Negeri 2 Cibal melalui Kegiatan pembuka pembelajaran, Kegiatan inti oleh guru, dan kegiatan penutup. (2). Upaya guru dalam membentuk karakter religius dan toleransi pada siswa di SMA Negeri 2 Cibal. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan, adanya kerja sama antara orang tua murid. (3). Faktor penghambat dan pendukung guru dalam mempengaruhi religius dan toleransi. faktor penghambat, yaitu pergaulan siswa, kurangnya pengawasan dari orang tua, Faktor pendukung adanya fasilitas ibadah, fasilitas dalam kegiatan ekstrakurikuler, adanya kekompakan guru dalam membimbing, memotovasi, dan mengarahkan siswa. Kata Kunci : Strategi, Guru, Karakter, Religius, Toleransi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, Karakter, Religius, Toleransi |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Saverinus Darmin |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 10:49 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 10:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11187 |
Actions (login required)
View Item |