Wardana, I Wayan Raka (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SURVEI KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031154-COVER.pdf Download (359kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031154-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031154-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031154-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031154-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031154-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031154-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031154-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031154-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian survei karakter siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun pelajaran 2021/2022 yang valid, reliabel, dan efektiv untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan model RDR dengan tahapan pengembangan yaitu research (studi pendahuluan), tahap development (pengembangan), dan tahap research (uji efektivitas produk). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi instrumen dengan melibatkan dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas V SD serta angket respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian survei karakter yang terdiri dari kisi-kisi dan kuesioner dengan jumlah pernyataan kuesioner sebanyak 30 item pernyataan. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data pada uji validitas isi menggunakan rumus Gregory,uji validitas butir menggunakan rumus product moment, dan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus percentage of agreement. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian survei karakter menunjukkan hasil sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi dan validitas butir. Perhitungan validitas butir instrumen peilaian survei karakter dari 30 pernyataan menghasilkan 27 pernyataan valid dan 3 pernyataan tidak valid. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen survei karakter menunjukkan hasil sebesar 1,00 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel. Sehingga Instrumen survei karakter layak untuk digunakan untuk menilai karakter siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, survei karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Raka Wardana |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 01:46 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 01:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11216 |
Actions (login required)
View Item |