Handariani, Ni Luh Ina (2020) PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP SE-PROVINSI BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031006-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031006-LAMPIRAN.pdf Download (934kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan profil keterampilan berpikir kritis siwa SMP se-Provinsi Bali. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif noneksperimen menggunakan metode survei. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes keterampilan berpikir kritis. Tes yang digunakan menggunakan indikator menurut Facione (1990) yaitu evaluasi, interpretasi, analisis, inferensi, dan penjelasan. Hasil penelitian ini diperoleh profil keterampilan berpikir kritis secara keseluruhan dan dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Hasil penelitian menunjukkan profil keterampilan berpikir kritis siwa SMP se-Provinsi Bali secara keseluruhan berada pada kategori sangat kurang. Profil keterampilan berpikir kritis berdasarkan indikator yang diuji dengan uji Kruskal-Wallis menunjukkan terdapat perbedaan antar-indikator berpikir kritis. Profil ketrampilan berpikir kritis siswa SMP se-Provinsi Bali berdasarkan jenis kelamin diuji dengan uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikn antara siswa SMP laki-laki dan perempuan. Profil keterampilan berpikir kritis siswa SMP berdasarkan jenis kelamin pada setiap indikator menunjukkan terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan pada indikator interpretasi dan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan pada indikator evaluasi, analisis, inferensi, dan penjelasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kritis, indikator Facione, perbedaan jenis kelamin. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Ina Handariani |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 03:34 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 03:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1122 |
Actions (login required)
View Item |