Wikanta, I Made Indra Adhi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA BERORIENTASI MPMbKGOP PADA PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011028-COVER.pdf Download (985kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011028-ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011028-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan; (1) Untuk memperoleh media pembelajaran berbasis GeoGebra berorientasi Model Pembelajaran Matematika berbasis Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik (MPMbKGOP) yang memiliki karakteristik pada pembelajaran pecahan untuk siswa SD kelas IV. (2) Mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis GeoGebra berorientasi MPMbKGOP pada pembelajaran pecahan yang dikembangkan untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik. Dalam proses pengembangannya, menerapkan 3 dari 4 langkah – langkah pada model 4D yakni define, design dan development. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki 5 menu utama dengan 3 menu materi pecahan, 1 menu petunjuk peserta didik dan 1 menu petunjuk orang tua. Peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 10 peserta didik kelas IV di SD N 1 Kesiut guna mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan efektifitas dari media pembelajaran yang dikembangkan. Data validitas peneliti peroleh dari angket penilaian oleh ahli perangkat pembelajaran serta ahli materi. Data kepraktisan peneliti peroleh dari angket respon peserta didik dan angket respon guru. Data keefektifan peneliti peroleh dari angket untuk mengukur karakter rasa ingin tahu peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil rata-rata uji coba media yang dikembangkan diperoleh validitas adalah 4,67 dengan kriteria sangat baik, kepraktisan adalah 4,36 dengan kriteria sangat tinggi dan sesuai dengan kriteria keefektifan, angket respon untuk mengukur karakter rasa ingin tahu peserta didik menghasilkan 73,83% atau dapat dikatakan kriteria karakter rasa ingin tahu peserta didik sebelum menggunakan media adalah kuat mengalami peningkatan setelah menggunakan media menjadi 83,89% atau dapat dikatakan kriteria karakter rasa ingin tahu peserta didik adalah sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pecahan, Karakter Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Indra Adhi Wikanta |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:04 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11260 |
Actions (login required)
View Item |