PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN AGAMA HINDU BERMEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL SISWA DIFABEL DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 MATARAM

PUTU SARIDEWI, DESAK (2022) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN AGAMA HINDU BERMEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL SISWA DIFABEL DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 MATARAM. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1839011004-COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1839011004-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1839011004-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1839011004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1839011004-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1839011004-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1839011004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pembelajaran agama Hindu bermedia kartun dan pengaruhnya terhadap kemampuan intrapersonal dan interpersonal siswa tuna rungu dan tuna grahita. Pengembangan produk ini digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran untuk siswa difabel. Tahapan yang dilalui meliputi persyaratan validitas, keefektifan media, dan kontribusi terhadap hasil belajar afektif siswa. Pengembangan materi menggunakan model 4 D, meliputi tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate sesuai karakteristik siswa berkebutuhan khusus. Tampilan materi bermedia kartun didesain dengan kolaborasi antara guru khusus yang memahami bahasa isyarat dengan guru agama Hindu (Co-Teaching Model) serta menggunakan konten materi esensial. Peran guru khusus memberikan penguatan menggunakan bahasa isyarat dan keduanya sebagai motivator. Analisis dalam temuan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan analisis statistik inferensial (uji-t). Untuk mengetahui keefektifan media dilakukan uji perorangan dan kelompok keci di lokasi penelitian dan uji coba lapangan pada lima SLBN di Nusa Tenggara Barat. Hasil penilaian pakar terhadap validitas isi, desain dan media menggunakan formula Gregory diperoleh hasil rata- rata sebesar 1,00 dengan kategori valid. Hasil uji coba perorangan sebesar 97,20%, uji kelompok kecil sebesar 93,93% dan uji lapangan pada siswa sebesar 85,81% dengan kriteria baik. Hasil penilaian keefektifan media dari guru-guru sebesar 90,53% dan teman sejawat 91,20% diperoleh dengan kriteria sangat baik. Dengan menggunakan pedoman konversi nilai skala 5 diperoleh hasil pretest kemampuan intrapersonal sebesar 2,98 berkategori kurang, hasil posttest sebesar 3,55 dengan kategori sedang dan kemampuan interpersonal hasil pretest diperoleh 2,74 berkategori kurang, hasil posttest sebesar 3,42 dengan kategori sedang. Artinya produk media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan intrapersonal dan interpersonal siswa. Hasil uji regresi pada intrapersonal berkontribusi sebesar 16,6% terhadap hasil belajar siswa difabel. Kemampuan interpersonal hanya berkontribusi sebesar 8,4% terhadap hasil belajar siswa difabel, sisanya sebesar 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain dan waktu yang panjang untuk intensitas penguatan, terutama pada aspek perduli dan kepercayaan diri siswa. Kemampuan intrapersonal dan interpersonal secara bersama-sama (simultan) memiliki kontribusi yang signifikan sebesar 16,7% terhadap hasil belajar afektif siswa dan sisanya sebesar 83,3% dipengaruhi faktor lain seperti pola asuh, perhatian, motivasi, dan metode pembelajaran. Simpulannya bahwa belajar agama sangat membutuhkan benda-benda nyata, penggunaan media interaktif dengan pendekatan individual, modeling dan pembiasaan. Kedepannya pengembangan ini didesain dengan materi berbeda dan berbagai kategori ketunaan siswa difabel. Kata Kunci: media pembelajaran kartun, intrapersonal dan interpersonal, difabel

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran kartun, intrapersonal dan interpersonal, difabel
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Desak Putu Saridewi
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:11
Last Modified: 18 Jul 2022 07:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item