PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “ROBOT PETUALANG NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD

Murti, I Gede Wahyu Praharsiana (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “ROBOT PETUALANG NUSANTARA” UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031242-COVER.pdf

Download (320kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031242-ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031242-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031242-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031242-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031242-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031242-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031242-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031242-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Game Edukasi “Robot Petualang Nusantara” untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD yang teruji efektivitasnya. Penelitian in menggunakan model ADDIE, yang memiliki tahapan penelitian berupa tahap analyze (analisis), deign (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, rating scale, dan kuesioner. Subjek pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah produk yang berupa game edukasi robot petualang Nusantara, sedangkan untuk objek pengembangannya adalah validitas isi, respons pengguna dan efektivitas produk. Subjek uji coba pada penelitian ini, yaitu 19 orang siswa kelas IV SD, dengan literasi budaya yang dijadikan sebagai objek uji coba. Uji validitas isi produk menggunakan rumus Gregory. Game edukasi robot petualang Nusantara memperoleh tingkat validitas isi sangat valid yang dibuktikan dengan memperoleh hasil uji validitas isi sebesar 0,98. Respons guru terhadap game edukasi robot petualang Nusantara menunjukkan hasil rata-rata sebesar 100%, sehingga dinyatakan sangat valid. Respons siswa terhadap game edukasi robot petualang Nusantara menunjukkan hasil rata-rata 96,05%, sehingga dinyatakan sangat valid. Hasil uji efektivutas game edukasi robot petualang Nusantara menunjukkan hasil 0,000 < 0,005, artinya produk yang dikembangkan memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD N Gugus IV Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: budaya Nusantara, game edukasi, literasi budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Wahyu Praharsiana Murti
Date Deposited: 14 Jul 2022 05:50
Last Modified: 14 Jul 2022 05:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item