Puriasih, Luh Putu (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031034-COVER.pdf Download (455kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031034-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031034-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun atau prototype, menghasilkan E-LKPD yang teruji validitasnya, serta mengetahui respons praktisi dan siswa terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu partisipan yang terdiri dari 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media, guru sebagai praktisi, serta 10 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar instrumen penilaian berupa instrumen rating scale skala lima kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian E-LKPD dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui persentase E-LKPD yang dikembangkan. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Validitas dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 93,08% dengan kriteria sangat baik, (2) validitas dari ahli media memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat baik, (3) hasil uji respons dari praktisi memperoleh persentase sebesar 91,05% dengan kriteria sangat baik, serta (4) hasil dari uji respons siswa memperoleh persentase sebesar 92,8% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka E-LKPD interaktif berbasis problem solving pada materi skala dan perbandingan kelas V sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD interaktif, problem solving, skala dan perbandingan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Puriasih |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11400 |
Actions (login required)
View Item |