PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Puriasih, Luh Putu (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031034-COVER.pdf

Download (455kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031034-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031034-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun atau prototype, menghasilkan E-LKPD yang teruji validitasnya, serta mengetahui respons praktisi dan siswa terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu partisipan yang terdiri dari 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media, guru sebagai praktisi, serta 10 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar instrumen penilaian berupa instrumen rating scale skala lima kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian E-LKPD dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui persentase E-LKPD yang dikembangkan. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Validitas dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 93,08% dengan kriteria sangat baik, (2) validitas dari ahli media memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat baik, (3) hasil uji respons dari praktisi memperoleh persentase sebesar 91,05% dengan kriteria sangat baik, serta (4) hasil dari uji respons siswa memperoleh persentase sebesar 92,8% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka E-LKPD interaktif berbasis problem solving pada materi skala dan perbandingan kelas V sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD interaktif, problem solving, skala dan perbandingan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Putu Puriasih
Date Deposited: 17 Jul 2022 07:32
Last Modified: 17 Jul 2022 07:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item