Anggraini, Suci (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PLATFORM EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011012-COVER.pdf Download (457kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011012-ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1923011012-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1923011012-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1923011012-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011012-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1923011012-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011012-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggraini, Suci (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning dengan Platform Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Tesis. Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Penyusunan tesis ini dibimbing oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si Pembimbing II : Prof. Dr. Phil. I Gusti Putu Sudiarta, M.Si Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Minat Belajar Siswa, Platform Edmodo Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning dengan platform Edmodo yang dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan mengacu pada prosedur pengembangan Plomp, meliputi: (1) penelitian awal, (2) fase prototipe, dan (3) fase penilaian (evaluasi semi-sumatif). Objek penelitian ini adalah SMPK 1 Harapan dengan guru dan siswa kelas VIII SMPK 1 Harapan sebagai subjek penelitian. Data kualitas perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket respons guru dan siswa, angket minat belajar serta tes kemampuan pemahaman konsep. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik : (1) Buku siswa menekankan pembelajaran berbasis Discovery Learning pada materi koordinat kartesius oleh aktivitas yang dilakukan oleh siswa, memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa dan terdapat ruang bagi siswa untuk menuliskan kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan; (2) Buku guru berisi arahan dan petunjuk mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru disesuaikan dengan model Discovery Learning, berisi alternatif tindakan dan penyelesaian masalah yang terdapat pada buku siswa serta petunjuk penggunaan platform Edmodo untuk guru; dan (3) Untuk RPP, Prosedur atau langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru disesuaikan model Discovery Learning dan platform Edmodo. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori : (1) valid, dengan rata-rata validitas adalah 3,14 didasarkan atas pendapat dua orang validator, (2) praktis, dengan rata-rata kepraktisan adalah 3,03 didasarkan pada keterlaksanaan perangkat pembelajaran dari sudut pandang pengamat, guru, dan siswa, (3) efektivitas, dengan rata-rata adalah 80,22 didasarkan pada ketuntasan siswa dalam mempelajari materi yang melebihi KKM yang ditetapkan dengan menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dan 3,14 untuk rata-rata minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan pemahaman konsep siswa, Minat belajar siswa, Platform Edmodo |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Suci Anggraini |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 05:41 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 05:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11401 |
Actions (login required)
View Item |