PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA UNTUK SISWA KELAS IV SD

Sari, Ni Kadek Candra Permata (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA UNTUK SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031043-COVER.pdf

Download (723kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031043-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (603kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031043-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi powtoon berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran keliling dan luas segitiga untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu: (1) analyze, (2) desgn, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, biaya, tenaga, dan sumber daya, pada penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek pada penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi powtoon berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran keliling dan luas segitiga dan objek pada penelitian ini yaitu validitas media video animasi powtoon pada mata pelajaran Matematika materi keliling dan luas segitiga untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan pemberian berupa instrumen lembar penilaian yang diberikan kepada 2 orang dosen sebagai ahli materi, 2 dosen sebagai ahli media, 2 guru sebagai praktisi, dan 5 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk mengukur validitas media video animasi powtoon berbasis pendekatan kontekstual adalah rating scale. Data yang telah didapatkan kemudian akan dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mendapatkan rata-rata skor validitas media. Hasil nilai rata-rata validitas media video animasi powtoon berbasis pendekatan kontekstual dari ahli materi sebesar 4,83 dengan kualifikasi sangat baik, dari ahli media sebesar 4,83 dengan kualifikasi sangat baik, dari praktisi sebesar 4,83 dengan kualifikasi sangat baik, dan dari respon siswa sebesar 4,75 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari hasil analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran video animasi powtoon berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan pada pembelajaran keliling dan luas segitiga dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Powtoon, Pendekatan Kontekstual, Keliling dan Luas Segitiga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Candra Permata Sari
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:29
Last Modified: 18 Jul 2022 01:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11485

Actions (login required)

View Item View Item