Mediawadi, Ni Kadek Devi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOSIFACAY PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER 1 SD N 1 CEMPAGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031288-COVER.pdf Download (285kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031288-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031288-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031288-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031288-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031288-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031288-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031288-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031288-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun media KOSIFACAY yang dikembangkan pada muatan pelajaran IPA dengan muatan materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas IV SD yang telah teruji validitas isi serta teruji respon guru dan siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena situasi pandemi maka penelitian ini hanya dilaksanakan tahap analisis, desain, dan pengembangan. Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah media KOSIFACAY pada muatan pelajaran IPA. Objek pada penelitian pengembangan ini adalah validitas, respon, penggunaan dari media KOSIFACAY yang dikembangkan. Instrument yang digunakan yaitu rating scale, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif, rumus Aiken dan persentase. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media KOSIFACAY pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas IV SD. Media KOSIFACAY yang dikembangkan terdiri atas dua hal yaitu buku panduan penggunaan dan alat peraga. Media KOSIFACAY memuat materi muatan IPA yaitu sifat-sifat cahaya yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan atau mendemonstrasikan materi secara langsung kepada siswa. Pengembangan Media KOSIFACAY dinyatakan valid dengan (a) ahli media pembelajaran berada pada rentang 0,875-1,00 (b) ahli desain pembelajaran berada pada rentangan 0,875-1,00 dan (c) ahli materi pembelajaran berada pada rentangan 0,75-1,00. Pengembangan Media KOSIFACAY mendapat respon yang baik dari guru dengan persentase mencapai 75% dan mendapat respon yang sangat baik dari siswa secara perseorangan dan kelompok kecil yang mencapai 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kosifacay, Sifat-sifat cahaya, Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Devi Mediawadi |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11510 |
Actions (login required)
View Item |