PERUBAHAN TRADISI SIDA DI KAMPUNG RINGKAS, DESA PERAK, KECAMATAN CIBAL, KABUPATEN MANGGARAI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Mulya, Mariani (2022) PERUBAHAN TRADISI SIDA DI KAMPUNG RINGKAS, DESA PERAK, KECAMATAN CIBAL, KABUPATEN MANGGARAI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814091015 - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
18140910-ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1814091015- BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1814091015- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1814091015- BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091015- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1814091015- BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091015- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1814091015- LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab Perubahan Tradisi Sida di masyarakat Manggarai Kecamatan Cibal khususnya di Kampung Ringkas, Desa Perak. mengetahui perubahan serta keberadaan dari tradisi Sida dan mengetahui aspek apa saja dari Tradisi Sida yang bisa dijadikan sebagai potensi sumber belajar Sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskripptif Kualitatif. Tradisi Sida merupakan sebuah budaya lokal dari masyarakat Manggarai, yang dimana budaya ini adalah sebuah bentuk penghormatan kepada pihak anak Rona dari pihak anak Wina. Tujuan dari tradisi Sida ini pada masyarakat Manggarai adalah sebuah bentuk melanggengkan hubungan keluarga antara saudara laki-laki dan saudari perempuan agar tidak putus. Dari penelitian tersebut adapun beberapa hasil yang ditemukan oleh peneliti dimana tradisi Sida ini mengalami perubahan dari Perubahan Prosesi pada budaya tradisi Sida, yang dulunya hanya dilakukan sekali dalam setahun dengan menggunakan uang dan hewan sebagai benda utama dalam proses acara adatnya,tetapi sekarang di lakukan tiga sampai empat kali dalam setahun serta yang menjadi benda dan bahan utamanya uang, hewan dan kain songket adat manggarai, dan Perubahan orinetasi nilai selain itu dijelaskan pula faktor pemicu perubahan tersebut dikarenakan faktor pengaruhnya modernisasi, faktor perubahan nilai dari tradisi sida, serta faktor ekonomi masyarakat yang berada di kampung ringkas, serta keberadaan dari budaya tradisi Sida ini sudah mulai menurun dikalangan masyarakat Kampung Ringkas. Dari hal tersebut peneliti ini mengeksplor hal apa saja yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA kelas XII yaitu terkait dengan materi perubahan sosial pada sebuah kebudayaan. Kata Kunci : Tradisi Sida, Perubahan Sosial, Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Sida, Perubahan Sosial, Sumber Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Mariani Mulya
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:33
Last Modified: 19 Jul 2022 02:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item