Kusuma, I Gede Merta (2022) KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA CANDIKUNING, TABANAN, BALI, (SEJARAH, WUJUD, NILAI-NILAI) DAN POTENSINYA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MULTIKULTUR DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1614021004-COVER.pdf Download (584kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614021004-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1614021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614021004-LAMPIRAN.pdf Download (459kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sejarah Terbentuknya Desa Candikuning, (2) wujud kerukunan masyarakat di Candikuning dan (3) nilai-nilai dari masyarakat Desa Candikuning yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pendidikan multikultur di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah melalui beberapa langkah yakni : (1) heuristik ( teknik penentuan informan, observasi, studi dokumen, dan wawancara), (2) interpretasi dan (3) historiografi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan 1) Desa Candikuning sudah berdiri sebelum abad ke-14 yang dibuka oleh oleh Kaki Nengah bersama dua orang kawannya yaitu Pan Komang dan I Ketut Telaga, 2) wujud kerukunan masyarakat Candikuning dapat dilihat dari 4 aspek, yaitu : agama, sosial, politik dan ekonomi dan 3) nilai-nilai masyarakat Desa Candikuning sebagai media pendidikan multikultur di SMA adalah a) nilai religius, b) nilai toleransi, c) nilai kreatif, d) nilai inovatif, e) nilai kebangsaan, f) nilai bersahabat/berkomunikasi, g) nilai peduli lingkungan dan h) nilai peduli sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerukunan, multikultur, media pembelajaran |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | I Gede Merta Kusuma |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:16 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11639 |
Actions (login required)
View Item |