Sumartiwi, Ni Made (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031030-COVER.pdf Download (658kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031030-ABSTRAK.pdf Download (457kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (662kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031030-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas VI SD bertujuan mendeskripsikan rancang bangun, validitas, respon guru dan respon peserta didik. Penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual ini berpedoman pada model pengembangan 4D dengan tahapan-tahapan yang dilaksanakan yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah para uji ahli yang meliputi ahli media, ahli materi, guru, dan peserta didik, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, respon guru dan peserta didik media audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas VI SD. Metode pengumpulan data penelitian pengembangan ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva digunakan instrument ratting scale skala 5 berupa lembar penilaian validitas yang diisi oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan lembar penilaian respon guru dan peserta didik penilaian diisi oleh guru dan peserta didik. Data dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor validitas, respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menyatakan media audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran yang telah dikembangkan memperoleh skor validitas ahli materi 4,50 dan ahli media 4,72 sedangkan skor dari respon guru 4,83 dan skor respon peserta didik 4,92 sehingga pengembangan media audio visual berbasis aplikasi canva pada materi keliling dan luas lingkaran dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Audio Visual, Canva. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sumartiwi |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:49 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11663 |
Actions (login required)
View Item |