Putri, Ni Putu Dila Mahesta (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY BERORIENTASI PADA BANGUNAN ADAT BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011002-ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (574kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Media Aumented Reality (AR) sangat relevan digunakan dalam pembelajaran siswa berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran menggunakan AR belum banyak digunakan khususnya saat belajar matematika. Media AR dikemas dalam aplikasi mobile android disertakan dengan marker untuk scan objek 3D dalam upaya meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa pada pembelajaran geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media AR serta karakteristik pelaksanaanya untuk meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta tahun pelajaran 2021/2022 dengan rincian sebanyak 18 siswa kelas X IPA 5 pada uji coba terbatas, 36 siswa X IPA 1 pada uji coba lapangan I, dan sebanyak 36 siswa X IPA 6 pada uji coba lapangan II. Metode pengumpulan data penelitian ini yakni observasi, wawancara, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk mengukur validitas isi maupun konstruk dari media AR, lembar keterlaksanaan media, angket respon guru, angket respon siswa, serta lembar tes kemampuan spasial matematika untuk mengukur keefektifan media AR. Data yang didapatkan dari instrumen tersebut dianalisis secara deskrisptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media AR berorientasi pada bangunan adat Bali berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik media yang dikembangkan adalah sebagai berikut. a. Media AR dapat menampilkan objek 3D hingga siswa diberikan ruang untuk mengeksplorasi, membayangkan serta menyimpulkan materi yang didapat, b. Media AR menghantarkan siswa menjadi antusias dalam belajar matematika, c. Media AR siswa memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan sekitar siswa karena sebagian besar siswa yang tinggal di Bali memiliki bale meten dan bale dangin di rumahnya, d. media AR dapat sebagai alternatif media geometri ruang dalam mengatasi keterbatasan penyajian materi di sekolah, e. media AR dapat digunakan tanpa perlu akses internet, dan f. siswa memunculkan objek 3D, materi dan audio hanya dengan men-scan marker yang disiapkan guru. Kata kunci : Media AR, Geometri Ruang, Bangunan Adat Bali, Kemampuan Spasial Matematika Siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media AR, Geometri Ruang, Bangunan Adat Bali, Kemampuan Spasial Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Dila Mahesta Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11835 |
Actions (login required)
View Item |