A DESCRIPTIVE STUDY OF IMPLEMENTING SEESAW APPLICATION IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS WITH SPECIAL NEEDS

Ansari, Ni Made Saraswati (2022) A DESCRIPTIVE STUDY OF IMPLEMENTING SEESAW APPLICATION IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS WITH SPECIAL NEEDS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081017-COVER.pdf

Download (274kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081017-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081017-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Mengajar bahasa Inggris kepada siswa berkebutuhan khusus membutuhkan lebih banyak usaha dan dukungan. Dukungan dari keluarga dan perlakuan khusus dari sekolah sangat penting dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus. Sangat penting untuk melibatkan orang tua dalam perencanaan pendidikan dan juga perlakuan khusus yang didedikasikan untuk setiap siswa berkebutuhan khusus. Aplikasi Seesaw, sistem manajemen pembelajaran di North Bali Bilingual School, memiliki fitur yang membantu siswa belajar. Implementasi aplikasi mengajar siswa berkebutuhan khusus diamati, begitu pula kendala dan tanggapan siswa berkebutuhan khusus. Rumusan masalah penelitian adalah 1) implementasi Aplikasi Seesaw bagi siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran bahasa Inggris di NBBS, 2) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan Aplikasi Seesaw bagi siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran bahasa Inggris di NBBS, dan 3) tanggapan siswa berkebutuhan khusus dalam belajar bahasa Inggris melalui Aplikasi Seesaw di NBBS. Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah empat siswa berkebutuhan khusus lintas kelas di North Bali Bilingual School, Singaraja, Bali. Sedangkan objek penelitian meliputi 1) implementasi Aplikasi Seesaw bagi siswa berkebutuhan khusus, 2) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan aplikasi, dan 3) respon siswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Aplikasi Seesaw. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Informasi yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris melalui Aplikasi Seesaw dibedakan menurut kelainan siswa berkebutuhan khusus dan disesuaikan dengan tingkat keparahannya; 2) kendala yang dihadapi guru adalah pada keterlibatan siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran dan dukungan orang tua selama pembelajaran anaknya; dan 3) respon siswa berkebutuhan khusus bervariasi dalam hal ekspresi wajah serta partisipasi dalam pembelajaran melalui Aplikasi Seesaw. Namun, penelitian ini terbatas dalam hal manajemen waktu dan kedalaman yang substansial, oleh karena itu, disarankan untuk menyempurnakan penelitian ini dengan jumlah waktu yang cukup untuk observasi kelas dan mengukur tanggapan siswa berkebutuhan khusus secara teoritis dan metodologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran Bahasa Inggris, Aplikasi Seesaw
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Made Saraswati Ansari
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:38
Last Modified: 20 Jul 2022 07:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item View Item