PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER, MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DAN PENGETAHUAN KEUANGAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MARKETPLACE SHOPEE

Cornelia, Putu (2022) PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER, MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DAN PENGETAHUAN KEUANGAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MARKETPLACE SHOPEE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1817051043-COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817051043-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817051043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817051043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817051043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817051043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1817051043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817051043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817051043-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fitur PayLater, motivasi belanja hedonis dan pengetahuan keuangan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 400 generasi Z di Provinsi Bali yang memiliki akun marketplace Shopee, pernah menggunakan fitur Shopee PayLater sebagai metode pembayaran, minimal satu kali sehari mengunjungi akun marketplace Shopee, minimal satu kali dalam seminggu bertransaksi pada marketplace Shopee, dan pernah mempejari atau mengikuti seminar terkait keuangan. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan media google form. Sampel dipilih menggunakan kriteria dengan teknik purposive sampling, kemudian dihitung dengan rumus Slovin. Data yang digunakan adalah data primer berupa jawaban responven dan diolah menggunakan SPSS versi 26. Alat uji data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu menggunakan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dan koefisien determinasi. Data dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan fitur PayLater dan motiasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Sevangkan, pengetahuan keuangan secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap pembelian impulsif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penggunaan fitur PayLater, motivasi belanja hedonis, pengetahuan keuangan, pembelian impulsif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: Putu Cornelia
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:36
Last Modified: 20 Jul 2022 04:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item