PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP UNTUK MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Dwi Saputra, Kadek (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP UNTUK MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815061020-COVER.pdf

Download (657kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815061020-ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815061020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815061020-BAB 2 KAJIAN TORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815061020-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815061020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815061020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815061020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815061020-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap di SMA Negeri 2 Singaraja. Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap, dan mengetahui respon dari peserta didik terhadap Media pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik persentase digunakan dalam mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba di lapangan. Penelitian ini memakai kuesioner sebagai instrumen pengambilan data dari ahli isi, ahli media, dan siswa. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 96,42% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli isi mendapatkan persentase sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor kepada 6 orang responden uji kelompok kecil termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi, dan rentang skor untuk 37 orang responden uji kelompok besar termasuk dalam klasifikasi sangat tinggi. Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap Untuk Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembangkit listrik, Materi rekayasa pembangkit. ABSTRACT This study aims to create a Steam Power Plant Learning Media at SMA Negeri 2 Singaraja. Knowing the feasibility of the Steam Power Plant Learning Media, and knowing the responses of students to this learning media. This research is an R & D (Reasearch and Development) research. This study uses the statistical analysis of percentages used in processing the data of content experts, media experts, and field trials. This study used a questionnaire as an instrument for collecting data from content experts, media experts, and students. The results obtained: the results of the media expert test got a percentage of 96.42% with very decent qualifications, the content expert validation test got a percentage of 95.45% with very decent qualifications. The range of scores for 6 small group test respondents is included in the very high qualification, and the score range for 37 large group test respondents is included in the very high classification. Steam Power Plant Learning Media for Craft and Entrepreneurship Subjects is appropriate to be used in the learning process. Keywords: Learning Media, Power Plant, Power Plant Engineering Material.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran1, Pembangkit listrik2, Materi rekayasa pembangkit3,
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Saputra
Date Deposited: 21 Jul 2022 17:26
Last Modified: 21 Jul 2022 17:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item