THE IMPLEMENTATION OF LITERATURE-BASED INSTRUCTION AT SINGARAJA MONTESSORI PRIMARY SCHOOL

Paramita, Putu Wahyu Gitari (2022) THE IMPLEMENTATION OF LITERATURE-BASED INSTRUCTION AT SINGARAJA MONTESSORI PRIMARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021150-COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021150-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021150-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021150-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021150-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021150-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021150-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021150-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengajaran Berbasis Sastra (LBI) didefinisikan sebagai bagian dari strategi untuk menyampaikan materi tertentu dengan menggunakan karya sastra sebagai media otentik utama. Diketahui bahwa media pembelajaran dalam pendidikan bahasa Inggris di Indonesia saat ini masih mengandalkan media buatan seperti buku. Penelitian ini menargetkan guru bahasa Inggris profesional di sekolah dasar Montessori Singaraja untuk menyelidiki bagaimana instruksi berbasis literatur (persiapan, kegiatan, penilaian) dilaksanakan termasuk tantangan yang dihadapi dari sudut pandang guru. Penelitian kualitatif dipilih sebagai pendekatan yang tepat untuk menggali dan menyelidiki fenomena pembelajaran berbasis sastra yang diterapkan di SD Montessori Singaraja. Sehubungan dengan penelitian tersebut, ditemukan bahwa guru menerapkan LBI dengan mengintegrasikan beberapa strategi pengajaran yang tepat dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, kebutuhan siswa, dan program sekolah Montessori untuk mempromosikan 4 keterampilan dasar bahasa Inggris. Kendati demikian, para guru diidentifikasi bahwa mereka menghadapi beberapa masalah saat menjalankan LBI seperti masalah persiapan, masalah bilingual, manajemen kelas, siswa dominan dan siswa pasif, gangguan siswa, pertanyaan berulang dan masalah penilaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran berbasis sastra dilaksanakan untuk meningkatkan 4 keterampilan dasar bahasa Inggris di SD Montessori Singaraja dengan mempertimbangkan aspek penting dan guru mampu menutupi tantangan yang mereka hadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 4 keterampilan dasar bahasa Inggris, pengajaran bahasa Inggris, Sastra, Karya Sastra, Pengajaran Berbasis Sastra, Strategi Pengajaran, Tantangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Wahyu Gitari Paramita
Date Deposited: 20 Jul 2022 10:54
Last Modified: 20 Jul 2022 10:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item