Susrini, Putu (2022) Assessment Literacy of English Teachers in Buleleng, Bali, Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021120-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021120-ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021120-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021120-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021120-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021120-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021120-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021120-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021120-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat asesmen literasi guru bahasa Inggris di Buleleng, Bali, Indonesia, dan faktor-faktor yang mempengaruhi asesmen literasi guru bahasa inggris di Buleleng, Bali, Indonesia. Subjek penelitian ini terdiri dari 40 guru bahasa Inggris di Buleleng. Penelitian ini menggunakan explanatory sequential mixed-method design. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari satu set kuesioner tertutup yang memuat tujuh standar dari asesmen literasi guru dan tiga puluh butir soal. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari wawancara semi terstruktur. Data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus dari Dixon & Massey's (1987), yang mana skor asesmen literasi yang diperoleh guru bahasa Inggris dibagi menjadi lima kategori; Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis data interaktif oleh Miles & Huberman (1994) yang meliputi tiga langkah; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa 5% guru bahasa Inggris dikategorikan Sangat Baik, 32,5% guru bahasa Inggris dikategorikan Baik, 47,5% guru bahasa Inggris dikategorikan Cukup, 15% guru bahasa Inggris dikategorikan Kurang, dan 0 % guru bahasa Inggris dikategorikan Sangat Kurang. Dari hasil ini, tingkat asesmen literasi guru bahasa Inggris di Buleleng secara umum dikategorikan “Cukup”. Penelitian ini juga menemukan bahwa dari tiga faktor yang dianggap mempengaruhi literasi penilaian guru; Pengembangan Profesional, Pengalaman Mengajar, dan Dukungan Kelembagaan, faktor signifikan yang ditemukan hanya pengembangan profesional. Penelitian ini menyarankan peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian literasi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen, Guru Bahasa Inggris, Asesmen Literasi Guru, Pengembangan Profesional, Pengalaman Mengajar, Dukungan Kelembagaan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Susrini |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11980 |
Actions (login required)
View Item |