Sembiring, Sonya Reka BR (2022) Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Mengakibatkan Perbedaan Keluhan Muskuloskeletal dan Kebosanan serta Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041039-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041039-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Think Pair Share mengakibatkan perbedaan keluhan muskuloskeletal dan kebosanan serta hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan randomized nonequivalent pre and posttest control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini, adalah: (1) keluhan muskuloskeletal yang didata dengan kuesioner Nordic Body Map; (2) kebosanan yang didata dengan kuesioner kebosanan dalam pembelajaran, dan (3) hasil belajar yang didata dengan test objektif di akhir pembelajaran. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Think Pair Share. Data dianalisis dengan uji t independent sample dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi model pembelajaran Think Pair Share mengakibatkan keluhan muskuloskeletal siswa lebih rendah 43,18% dibandingkan dengan keluhan musculoskeletal siswa pada pembelajaran konvensional; (2) implementasi model pembelajaran Think Pair Share mengakibatkan kebosanan belajar siswa lebih rendah 65,06% dibandingkan dengan kebosanan belajar siswa pada pembelajaran konvensional; dan (3) implementasi model pembelajaran Think Pair Share mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa lebih tinggi 2,55% dibandingkan dengan hasil belajar pada pembelajaran konvesional. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Think Pair Share mengakibatkan keluhan muskuloskeletal dan kebosanan siswa lebih rendah, sedangkan hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvesional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Think Pair Share, keluhan muskuloskeletal, kebosanan, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Sonya Reka Br Sembiring |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12060 |
Actions (login required)
View Item |