ASSESSMENT LITERACY OF ENGLISH TEACHERS IN BADUNG, BALI, INDONESIA

Nyudak, Isidorus Bagus Geovenda (2022) ASSESSMENT LITERACY OF ENGLISH TEACHERS IN BADUNG, BALI, INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021189-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021189-ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021189-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021189-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021189-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa literasi penilaian guru mempengaruhi praktik penilaian kelas. Guru yang paham akan konsep penilaian tahu apa yang mereka nilai, mengapa mereka menilai, bagaimana cara menilai, mengetahui penilaian yang tidak efektif, dan bagaimana mengurangi dampak buruk penilaian yang tidak efektif. Melihat pentingnya literasi penilaian guru, penelitian ini dilakukan untuk menguji literasi penilaian guru Bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan memanfaatkan desain metode campuran sekuensial. Terdapat 42 perwakilan guru Bahasa Inggris di Kabupaten Badung dari semua jenjang sekolah. Berdasarkan data penelitian ini, tingkat literasi penilaian guru Bahasa Inggris berada dalam level sedang. Pengetahuan yang dimiliki guru terkait dengan tujuh standar literasi penilaian adalah sekitar 57%. Lima soal sukar, empat soal sangat sukar, dan tiga faktor penting dianalisis: Pengembangan Profesional, Pengalaman Profesional, dan dukungan Kelembagaan. Penelitian ini menemukan bahwa butir soal yang sukar dan sangat sukar mempengaruhi tingkat literasi penilaian, yang umumnya disebabkan oleh miskonsepsi guru mengenai validitas dan reliabilitas instrumen atau teknik penilaian serta ketidaktahuan guru terhadap beberapa istilah tertentu. Selain itu, pengembangan profesional dan pengalaman mengajar mempengaruhi literasi penilaian karena subjek penelitian dengan pengembangan profesional dan pengalaman mengajar yang memadai memiliki tingkat literasi penilaian yang lebih baik. Sebaliknya, dukungan kelembagaan tampaknya tidak berpengaruh dalam konteks ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Penilaian Guru, Pengembangan Karir Profesional, Pengalaman Profesional, Dukungan Kelembagaan
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Isidorus Bagus Geovenda Nyudak
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:32
Last Modified: 21 Jul 2022 03:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item