Analyzing Reading-related Activities in English Textbook for Grade 9 in SMP Negeri 1 Negara and How The Texts are Exploited in The Classroom

Cahyani, Ni Kadek Yuli (2022) Analyzing Reading-related Activities in English Textbook for Grade 9 in SMP Negeri 1 Negara and How The Texts are Exploited in The Classroom. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021024-COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021024-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1812021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1812021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1812021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1812021024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021024-LAMPIRAN.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan terkait membaca yang tersedia dalam buku teks bahasa Inggris untuk kelas 9 di SMP Negeri 1 Negara dan untuk mengamati bagaimana teks bacaan dieksploitasi di kelas bahasa Inggris oleh guru bahasa Inggris. Agar proses belajar mengajar membaca berjalan dengan efektif, penting untuk mempertimbangkan kesesuaian kegiatan membaca baik seperti yang tercantum dalam buku teks bahasa Inggris atau selama proses belajar mengajar di kelas. Peneliti ini mencoba untuk mendeskripsikan jenis kegiatan yang berhubungan dengan membaca yang muncul di buku teks bahasa Inggris untuk Kelas 9 dan bagaimana teks tersebut dieksploitasi di dalam kelas. Metode deskriptif kualitatif digunakan dimana pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara. Data dianalisis dengan kriteria kegiatan terkait membaca oleh Louis, et al, (2016) dan Elaine K. McEwan (2022). Kriteria eksploitasi teks mengacu pada Isnawati (2012) sebagaimana dikutip dalam Manurung, Pardede, Purba (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada beberapa kegiatan terkait membaca yang ditemukan dari buku teks bahasa Inggris kelas 9, seperti skimming/scanning (gagasan utama dan detail), item leksikal (mengidentifikasi makna kata, sinonim, dan kata gramatikal), dan bertanya ( jawaban singkat, benar/salah, pilihan ganda, ya/tidak, melengkapi, dan menjodohkan). Kemudian, kegiatan terkait membaca yang paling sering terjadi di buku teks adalah skimming/scanning-details (jawaban singkat) dan tanya jawab-jawaban singkat. Sementara itu, guru bahasa Inggris menggunakan strategi eksploitasi teks, seperti mengubah beberapa kalimat (grammatical words), menentukan pernyataan yang benar (skimming/scanning), menentukan pernyataan Benar atau Salah, dan melengkapi ruang kosong dalam teks bacaan. Menurut wawancara, guru bahasa Inggris sebagian besar mengandalkan kegiatan membaca yang ada di buku teks bahasa Inggris. Studi ini menyimpulkan bahwa ada beberapa tingkat konsistensi antara kegiatan yang dinyatakan dalam buku teks dan kegiatan di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kegiatan terkait membaca. eksploitasi teks. pemahaman membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Yuli Cahyani
Date Deposited: 21 Jul 2022 15:16
Last Modified: 21 Jul 2022 15:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item