Cahyani, Ni Kadek Krismalia (2022) Investigation of EFL Students Perception on the Use of Instagram as an English Learning Medium in Academic Writing Course. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021046-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021046-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021046-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021046-LAMPIRAN.pdf Download (935kB) |
Abstract
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran abad 21 membantu siswa untuk lebih fleksibel dalam memperoleh pengetahuan. Dalam melatih keterampilan menulis bahasa Inggris, siswa dapat menggunakan Instagram. Studi sebelumnya telah menunjukkan dampak penggunaan media sosial, tetapi tidak satupun dari mereka mempelajari persepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada mata kuliah Academic Writing. Desain penelitian yang digunakan adalah metode sekuensial eksplanatori. Dua puluh tujuh mahasiswa dari semester 3 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha berpartisipasi dalam studi tersebut. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Validitas kedua instrumen ini diperiksa oleh juri ahli dan dilakukan dengan melakukan uji coba melalui survei online. Sedangkan reliabilitasnya diperiksa menggunakan program SPSS. Hasil wawancara menunjukkan bahwa Instagram sederhana, mudah, cepat, up-to-date, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Namun, Instagram membutuhkan koneksi yang tinggi dan stabil untuk digunakan. Sistem akan mengubah ukuran posting dan membuat posting memiliki kualitas rendah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada mata kuliah penulisan akademik adalah netral. Instagram dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris dalam penulisan akademik, tetapi siswa dapat menggunakan media lain juga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa menemukan media alternatif untuk melatih keterampilan menulis mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Instagram, Academic Writing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Krismalia Cahyani |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 20:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 20:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12071 |
Actions (login required)
View Item |