Triana Dewi, Ni Komang (2022) Pengaruh Blended Learning Tipe Flipped Classroom Dan Tipe Flex Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
181071040-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071040-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
181307104-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran blended learning tipe flipped classroom dengan siswa blended learning tipe flex serta untuk mengetahui diantara kedua model tersebut model pembelajaran manakah yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Peneltian ini merupakan penenelitian quasi-experiment dengan desain non-equvalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gerokgak yang terbagi ke dalam 11 kelas dengan jumlah keseluruhan siswasebanyak 430 orang siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilihlah kelas 7C3 sebagai kelas eksperimen 1 dan 7B3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 76 orang siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar IPA. Analisis data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen 1 1 dan kelas eksperimen 1 2(kondisi penolakan H0 dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05). Hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan blended learning tipe flipped classroom (M = 77,16; SD = 10,310) lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan blended learning tipe flex (M = 57,37; SD = 14,295). Hasil dari penelitian ini model blended learning tipe flipped classroom lebih baik digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa dibandingkan model blended learning tipe flex.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, flex, flipped classroom, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Triana Dewi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12074 |
Actions (login required)
View Item |