Teacher' and Students’ Experience in English Online Learning Implementation at SD Negeri 3 Banjar Jawa

Syahputra, I Made Edwin Aditya (2022) Teacher' and Students’ Experience in English Online Learning Implementation at SD Negeri 3 Banjar Jawa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021026-COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021026-ABSTRACT.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021026-CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021026-CHAPTER II REVIEW OF RELATED LITERATURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021026-CHAPTER III RESEARCH METHODOLOGY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021026-CHAPTER IV FINDINGS AND DISCUSSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021026-CHAPTER V CLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021026-REFERENCES LIST.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021026-APPENDIX .pdf

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran bahasa Inggris online di SD N 3 Banjar Jawa selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga mengeksplorasi tantangan yang dihadapi guru dan siswa selama pembelajaran Bahasa inggris online dan strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ditentukan melalui purposive sampling, diantaranya satu guru bahasa Inggris, tiga siswa di kelas lima, dan tiga siswa di kelas enam, jumlah peserta dalam penelitian ini adalah tujuh (7) peserta. Dalam penelitian ini, ada dua Teknik untuk mengupulkan data yaitu observasi dan interview. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu daftar periksa observasi non-partisipan, dan wawancara mendalam terbuka. Hasil penelitian observasi dan wawancara menunjukkan pelaksanaan pembelajaran online di SD N 3 Banjar Jawa terbagi menjadi tiga temuan yaitu persiapan, pekerjaan, dan evaluasi. Dari tiga tema yang ditemukan, ada empat aspek pembelajaran online yang mengikuti pedoman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Kemudian, tantangan yang ditemukan guru dan siswa diklasifikasikan menjadi dua jenis lainnya, masalah keterbatasan waktu dan masalah operasional, dan ditemukan dua strategi untuk mengatasi tantangan yang dialami guru dan siswa, seperti strategi asinkron dan strategi komunikasi intensif. Temuan ini menunjukkan bahwa guru dan siswa dapat memecahkan tantangan yang dialami dengan mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelaaaran Bahasa Inggris secara online, Guru Bahasa Inggris, Siswa, Tantangan, Solusi, COVID-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Made Edwin Aditya Syahputra
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:08
Last Modified: 22 Jul 2022 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item