Sari, Ni Putu Eva Agustini (2022) ASSESSMENT LITERACY OF ENGLISH TEACHERS IN KARANGASEM, BALI, INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021030-COVER.pdf Download (656kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021030-ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021030-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Karena beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa literasi asesmen guru Bahasa Inggris ergolong dalam kondisi rendah, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat literasi asesmen guru di SMP dan SMA/SMK di Karangasem dan mengetahui faktor yang memengaruhi level literasi asesmen guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Explanatory Sequential Mixed-Method. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan wawancara. Analisis dari penelitian ini dilakukan secara statistic dan deskriptif. Subyek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 55 guru Bahasa Inggris SMP, SMA/SMK di Kabupaten Karangasem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum level literasi asesmen guru berada pada level cukup. Selain itu, berdasarkan analisis soal sulit, ditemukan juga bahwa terdapat 10 butir soal yang tergolong sulit dan sangat sulit, yang menyebabkan level literasi asesmen mereka ada pada level cukup. Kebanyakan soal sulit dan sangat sulit yang tidak dapat dijawab dengan tepat oleh guru berkaitan dengan standar literasi asesmen utamanya pada standar Developing, Adminsitering, dan Using-Grading, yang mengindikasikan bahwa pemahaman guru mengenai standard tersebut belum maksimal. Disamping itu, ditemukan juga bahwa diantara tiga faktor potensial yang memengaruhi level literasi asesmen guru, yaitu pengembangan profesional, pengalaman profesional, dan dukungan institusi, tidak satupun dari faktor ini yang tampaknya memiliki kaitan dengan level literasi guru bahasa Inggris di Karangasem. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan level literasi asesmen guru, dengan begitu guru bisa melaksanakan praktik asesmen yang lebih baik yang dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan. Selain itu, peneliti selanjutnya juga perlu untuk meneliti faktor potensial lain yang dapat memengaruhi literasi asesmen guru, yang belum menjadi fokus dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi asesmen guru, Karangasem |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eva Agustini Sari |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 09:36 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 09:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12156 |
Actions (login required)
View Item |