PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA

Adnyana, Putu Gede Widhy (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011023-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011023-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011023-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika (Realistic Mathematic Education) serta mendeskripsikan kualitasnya dari segi validitas, kepraktisan dan efektifitasnya sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 yaitu kelas IX H pada uji coba terbatas, IX K pada uji coba lapangan 1 dan IX J pada uji coba lapangan 2. Data dalam penelitian ini adalah data validitas perangkat yang didasarkan pendapat pakar menggunakan lembar validasi perangkat, data kepraktisan perangkat pembelajaran didasarkan pada data keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon siswa dan angket respon guru, sedangkan data keefektifan perangkat pembelajaran terdiri dari data pemahaman konsep metematika siswa yang dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep dan data motivasi siswa yang dikumpulkan melalui instrumen berupa angket. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah berupa perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik buku siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Buku siswa memuat kegiatan pembelajaran sesuai tahapan pendekatan RME, (2) Siswa mengkonstruksi pemahamannya terhadap konsep yang dipelajari melalui permasalahan awal dengan etnomatematika budaya batik, (3) Buku siswa memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa berkaitan dengan materi yang dipelajari dan (5) Pada buku siswa terdapat ruang bagi siswa untuk menuliskan kesimpulan dan refleksi. Karakteristik buku petunjuk guru yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Buku petunjuk guru memudahkan guru dalam proses pembelajaran dikelas, (2) Buku petunjuk guru berisi alternatif-alternatif tindakan serta dilengkapi alternatif jawaban dan (3) Berisikan RPP yang sesuai dengan proses pembelajaran dengan pendekatan RME

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Etnomatematika, RME, Pemahaman Konsep Matematika, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Putu Gede Widhy Adnyana
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:18
Last Modified: 26 Feb 2020 02:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item