Putra, I Putu Oscar Perdana (2022) ANALISIS MINAT BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 2 GIANYAR TAHUN 2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071026-COVER.pdf Download (678kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071026-ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071026-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil minat belajar IPA siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Gianyar pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini siswa di SMP Negeri 2 Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 2 Gianyar berjumlah 1290 orang dengan jumlah sampel sebanyak 364 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Data mengenai profil minat belajar siswa diperoleh dengan penyebaran kuesioner tertutup dan wawancara. Hasil pengolahan data dari kuesioner terhadap empat aspek minat diperoleh data bahwa sebanyak 55,08% siswa memiliki minat sedang, sedangkan berdasarkan tingkat kelas sebesar 64,21% memiliki minat sedang. Data tersebut diperkuat melalui triangulasi teknik, triangulasi sumber data, dan member check. Data mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa, dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi diperoleh hasil sebagai berikut. Faktor internal yang mempengaruhi minat adalah motivasi sebanyak 65%, bakat 55%,dan cita-cita 60%, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar IPA, yaitu faktor keluarga sebanyak 40%, teman 50%, guru, 65% dan fasilitas sekolah sebanyak 55%. Jadi dapat dinyatakan bahwa minat belajar di SMP Negeri 2 Gianyar tergolong sedang. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi minat belajar adalah faktor motivasi dan cita-cita, sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh adalah faktor teman, guru, dan fasilitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, daring dan pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Putu Oscar Perdana Putra |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12170 |
Actions (login required)
View Item |