PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA

kristianingsih, Luh Desi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071012-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071012-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan serta tingkat keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP berbasis Problem Based Learning Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model four-D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, and Disseminate. Pada penelitian ini tahapan pengembangan hanya sampai pada tahap Develop. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik wawancara, penilaian lembar validasi dan penyebaran angket kepada subjek penelitian. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan hasil data kuantitatif dianalisis melalui Uji Gregory dan perhitungan skor rata-rata. Karakteristik LKPD IPA berbasis Problem Based Learning yaitu sebagai berikut. (1) LKPD IPA dapat mengarahkan peserta didik untuk menemukan permasalahan berdasarkan fenomena yang disajikan dan dapat membuat pertanyaan berdasarkan masalah yang ditemukan. (2) Penyajian fenomena dilengkapi dengan gambar dan cerita menarik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. (3) LKPD tidak memuat prosedur kerja tetapi disusun oleh peserta didik berdasarkan contoh gambar dan tabel pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis Problem Based Learning memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan koefisien sebesar 0,97. Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian guru menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat praktis sedangkan tingkat keterbacaan LKPD IPA berbasis Problem Based Learning yang dilakukan peserta didik termasuk dalam kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata sebesar 4,3. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan sudah layak untuk diuji ke tahap pengembangan (Develop) selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Luh Desi Kristianingsih
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:33
Last Modified: 21 Jul 2022 08:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12191

Actions (login required)

View Item View Item