The Implementation of EFL Online Learning at SMP Mutiara Singaraja during Covid-19 Pandemic

Febrin, Sabrina (2022) The Implementation of EFL Online Learning at SMP Mutiara Singaraja during Covid-19 Pandemic. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021218-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRACT)
1812021218-ABSTRACT.pdf

Download (483kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021218-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021218-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021218-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021218-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021218-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021218-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021218-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris secara online beserta masalah dan strategi yang digunakan di SMP Mutiara Singaraja. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Ada total 29 partisipan, dua di antaranya adalah guru EFL dan sisanya siswa kelas 7, 8, dan 9. Lembar observasi, angket, dan wawancara digunakan peneliti sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online di SMP Mutiara Singaraja telah dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun pembelajaran online telah berjalan lebih dari setahun, masih ada beberapa masalah yang dialami oleh guru yaitu masalah akses internet, masalah penjelasan materi, dan masalah keamanan sistem. Disisi lain, masalah terkait dengan pribadi, fasilitas, keuangan, dan dukungan keluarga dialami oleh siswa. Untungnya, seiring berjalannya waktu, guru dan siswa telah menemukan strategi mereka sendiri untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, EFL, Masalah, Pembelajaran online, Strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Sabrina Febrin
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:55
Last Modified: 21 Jul 2022 06:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item