Mahendri, Ni Wayan Restu (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOLOGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041013-COVER.pdf Download (584kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041013-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, valid dan kepraktisan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis discovery learning sebagai bahan ajar materi ekologi kelas X MIPA. Model penelitian yang digunakan yakni menggunakan model ADDIE. Tempat penelitian dilaksanakan di SMAS Laboratorium Undiksha. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket validasi dan angket kepraktisan. Uji coba dilakukan dengan uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas dan kepraktisan menggunakan teknik deskripitif. Uji validitas yakni dilakukan oleh ahli materi dan media. Uji kepraktisan dilakukan guru dan siswa dengan uji perorangan dilakukan oleh 1 guru biologi di SMAS Laboratorium Undiksha serta uji perorangan melibatkan 3 orang peserta didik dan uji kelompok kecil melibatkan 12 orang pserta didik X MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain lembar kerja peserta didik desainnya dengan dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. (2) Uji validitas lemvar kerja peserta didk berbasis Discovery learning mempeorleh presentase sebesar 86,2% dengan kriteria sangat valid. (3) Uji kepraktisan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery learning memperoleh presentase sebesar 84,8% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut lembar kerja perserta didik elektronik sangat valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pada materi ekologi untuk peserta didik kelas X di SMA dan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis discovery learning pada materi ekologi dapat digunakan sebagai alternative baru dalam bahan ajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja peserta didik elektronik, Discovery learning, model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Restu Mahendri |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:21 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12270 |
Actions (login required)
View Item |