Lestari, Ayu Puji Dwi (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MA MA’ARIF NU KENCONG-JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713031010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713031010-ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713031010-LAMPIRAN.pdf Download (717kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesulitan belajar kimia siswa dalam pembelajaran daring di MA Ma’arif NU Kencong-Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, ketua yayasan MA Ma’arif NU Kencong, dan siswa kelas X, XI, XII. Objek penelitian ini adalah aktivitas kesulitan belajar siswa dari faktor internal dan eksternal pada belajar kimia siswa dalam pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan teknik deskiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adalah sebagai berikut: (1) faktor internal kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring yakni Motivasi siswa yang menurun dikarenakan tidak bisa belajar dengan bertatap muka dan membuat siswa bosan. Kesehatan menurun dikarenakan banyak kerabat dan saudara yang terpapar Covid-19; (2) faktor eksternal kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring yakni tidak memiliki kuota dan signal buruk, tidak memiliki handphone atau laptop; (3) solusi dari kesulitan belajar internal yakni sekolah memotivasi siswa agar tetap terus semangat belajar dan membimbing siswa yang bermasalah; dan (4) solusi dari kesulitan belajar eksternal yakni sekolah memberikan fasilitas untuk siswa berupa komputer dan wifi yang sudah tersambung otomatis. Kata-kata kunci: pembelajaran daring, faktor internal, faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring, faktor internal, faktor eksternal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ayu Puji Dwi Lestari |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 08:53 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 08:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12330 |
Actions (login required)
View Item |