PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL TEORI RESPON BUTIR SATU LEVEL PARAMETER DAN DUA LEVEL PARAMETER DALAM MENGANALISIS TES BABAK PENYISIHAN GEMA LOMBA MATEMATIKA TAHUN 2022 DENGAN SOFTWARE R

Nia Apriani, Putu (2022) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL TEORI RESPON BUTIR SATU LEVEL PARAMETER DAN DUA LEVEL PARAMETER DALAM MENGANALISIS TES BABAK PENYISIHAN GEMA LOMBA MATEMATIKA TAHUN 2022 DENGAN SOFTWARE R. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813101003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813101003-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813101003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813101003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813101003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813101003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813101003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813101003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813101003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan tingkat efektivitas dari model teori respon butir satu level parameter dan dua level parameter. Teori respon butir merupakan suatu analisis butir tes yang lebih modern dari teori tes klasik. Data yang dianalisis adalah data jawaban babak penyisihan Gema Lomba Matematika dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan yakni.1. Membuat perintah model teori respon butir satu level parameter dan dua level parameter yang dibantu dengan software R; 2. Membandingkan efektivitas antara model teori respon butir satu level parameter dan teori respon butir dua level parameter dengan melihat nilai Akaike Information Criterion (AIC) yang paling rendah di antara kedua model; 3. Membuat kesimpulan terkait penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini pada jenjang SD nilai Akaike Information Criterion (AIC) didapatkan untuk model satu level parameter sebesar 8286,874, dan model dua level parameter sebesar 8302,397, sehingga model dianggap cocok dan efektif dalam menganalisis data jawaban babak penyisihan GLM 2022 jenjang SD adalah model teori respon butir dengan satu level parameter. Pada jenjang SMP dengan nilai Akaike Information Criterion (AIC) untuk model satu level parameter sebesar 10904,95, dan untuk model dua parameter sebesar 10724, sehingga model yang dianggap cocok dan efektif dalam menganalisis data jawaban babak penyisihan GLM 2022 jenjang SMP adalah model teori respon butir dua level parameter. Pada jenjang SMA dengan nilai Akaike Information Criterion (AIC) untuk model satu level parameter sebesar 6717,122, dan untuk model dua parameter sebesar 6655,299, sehingga model yang dianggap cocok dan efektif dalam menganalisis data jawaban babak penyisihan GLM 2022 jenjang SMA adalah model teori respon butir dua level parameter. Pada jenjang SMK nilai AIC yang diperoleh sebesar 476,1065 model yang cocok dan efektif adalah model teori respon butir satu level parameter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teori Respon Butir, GLM 2022, AIC (Akaike Information Criterion).
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: Putu Nia Apriani
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:50
Last Modified: 21 Jul 2022 07:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12338

Actions (login required)

View Item View Item