Makhbub, Muhammad Khoirul (2022) ANALISIS SIMULASI DAN OPTIMALISASI AERODINAMIKA PADA BODI SEPEDA MOTOR LISTRIK BABY GANESHA 1.0 GENERASI II. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615071007-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615071007-ABSTRAK.pdf Download (536kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (663kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615071007-LAMPIRAN.pdf Download (795kB) |
Abstract
Aspek aerodinamika merupakan aspek sangat memperhitungkan gaya yang disebabkan aliran fluida yang ditunjukan dengan nilai (Coeficient Of Drag), hal ini berpengaruh pada optimalisasi kinerja dan konsumsi energi yang digunakan saat melaju. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodifikasi desain standar sepeda motor listrik baby ganesha 1.0 generasi II sehingga mendapatkan desain dengan Coeficient Of Drag yang lebih kecil. Perlunya analisis simulasi aliran fluida Untuk mengetahui Coeficient Of Drag, salah satu cara analisis simulasi adalah menggunakan solidwork, solidworks dikenal memiliki kecepatan dan ketepatan untuk menganalisis yang akurat. Jenis Penelitian yang dilakukan merupakan Research and Development (R&D) dengan model penelitian R2D2. Setelah dilakukan proses analisis simulasi aliran fluida, diketahui bahwa hasil desain bodi modifikasi 2 sepeda motor listrik baby ganesha 1.0 generasi II mendapatkan Coeficient Of Drag sebesar 0,0372 (14,1%) lebih rendah dibandingkan dengan desain bodi standar sepeda motor listrik baby ganesha 1.0 generasi II. Melalui penilaian ahli, desain modifikasi 2 sepeda motor listrik baby ganesha 1.0 generasi II telah mendapat persentase nilai 82% dengan kualifikasi baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aerodinamika, Coefficient Of Drag, Sepeda Motor, Software Solidworks. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muhammad Khoirul Makhbub |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 17:30 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 17:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12411 |
Actions (login required)
View Item |