Sudiarta, Komang (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Web Pada Materi Teknik Dasar Kuda-Kuda Dan Pola Langkah Pencak Silat Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011052-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011052-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011052-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis web pada materi teknik dasar kuda-kuda dan pola langkah pencak silat untuk peserta didik kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah uji coba perorangan oleh 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil oleh 9 orang peserta didik, dan uji coba lapangan oleh 28 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase uji ahli isi/materi pembelajaran 95% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran 92,5 % berkualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran 97,5% berkualifikasi sangat baik, uji ahli praktisi lapangan 96,7 % berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan 96,1% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 93,5% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan 86,1% berkualifikasi baik. Oleh karena itu, e-modul interaktif berbasis web pada materi teknik dasar kuda-kuda dan pola langkah pencak silat layak digunakan untuk peserta didik kelas VII sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul interaktif, Pencak Silat, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Komang Sudiarta |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12439 |
Actions (login required)
View Item |