STUDI ETNOGRAFI SERTA NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERGURUAN KOMPAS (KOMBINASI PENCAK SITEMBAK) DI DESA BANYUATIS, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG

Adnyana, Kadek Tri (2022) STUDI ETNOGRAFI SERTA NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PERGURUAN KOMPAS (KOMBINASI PENCAK SITEMBAK) DI DESA BANYUATIS, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1816011076-COVER .pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011076-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011076-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011076-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi etnografi serta nilai-nilai pendidikan karakter pada perguruan pencak silat kompas (kombinasi pencak silat sitembak) di desa banyuatis, kecamatan banjar, kabupaten buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Perguruan Kompas (Kombinasi Pencak Sitembak) di Desa Banyuatis Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Subjek dalam penelitian ini adalah Dewan Pendekar, Ketua Umum, Dewan Pelatih serta Anggota Pelatih Perguruan Silat Desa Banyuatis, Kec. Banjar, Kab. Buleleng. Objek dari penelitian ini adalah Etnografi Perguruan Kompas Pencak Silat di Desa Banyuatis, Kec. Banjar, Kab. Buleleng. Sumber dalam penelitian ini informasi yang didapatkan sekaligus membantu penulis di dalam mencari berbagai macam fakta untuk keperluan menjawab permasalahan penelitian dapat diklasifikasikan menjadi 2 (dua) jenis, yakni: Data primer, yaitu sekumpulan informasi yang diperoleh peneliti langsung dari lokasi peneltian melalui sumber pertama (responden atau informan, melalui wawancara) atau melalui hasil pengamatan yang dilakukan sendiri oleh peneliti. Pada penelitian ini, peneliti metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pada konteks penelitian, penentuan sampel menggunakan purposive dilandai dengan pertimbangan tertentu terlebih dahulu. Dalam pengambilan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Triangulasi ini dapat dilakukan dengan mengecek kebenaran data dengan memanfaatkan dokumen yang ada Dalam konteks ini, triangulasi data dalam proses pengambilan data di kancah atau lapangan menggunakan 3 teknik, yang terdiri dari proses observasi partisipatif, wawancara mendalam (in-depht interviewing), dan studi dokumen. Data yang telah berhasil digali di lapangan studi, dikumpulkan dan dicatat dalam kegiatan penelitian, harus diusahakan bukan hanya untuk kedalaman dan kemantapannya, tetapi juga bagi kemantapan dan kebenarannya. Hasil yang di dapat dari penelitian ini ialah Perguruan pencak silat Kompas (Kombinasi Pencak Silat Sitembak) Di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng di dirikan oleh Bapak Ketut Nica di desa Banyuatis yang didirikan pada tahun 1976. Sekitar pada jamam pergerakan kemerdekaan ada seorang pendekar dari banten yang bernama Warjimin dia mengajarkan pencak silat di gobleg.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnografi, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Pencak Silat
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Kadek Tri Adnyana
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:07
Last Modified: 22 Jul 2022 09:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item