PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS IPA BERORIENTASI PENDEKATAN STEM (TERPIKIR STEM) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Prasetya, Putu Melinia (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS IPA BERORIENTASI PENDEKATAN STEM (TERPIKIR STEM) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031295-COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031295-ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031295-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031295-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031295-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031295-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031295-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031295-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031295-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes berpikir kritis IPA berorientasi pendekatan STEM kelas IV sekolah dasar. Instrumen yang di maksud adalah Instrumen Tes Berpikir Kritis IPA Berorientasi Pendekatan STEM yang selanjutnya disingkat menjadi TERPIKIR STEM. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap uji coba dan belum sampai tahap disseminate (penyebaran). Subjek pengembangan penelitian yaitu tes berpikir kritis sedangkan objeknya validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan respon guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, angket dan tes. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil perhitungan validitas butir menunjukkan dari 10 pertanyaan semua butir soal valid. Hasil analisis perhitungan reliabilitas mendapatkan hasil sebesar 0,942 sehingga instrumen reliabel dengan kriteria tinggi. Hasil analisis perhitungan uji daya beda mendapatkan hasil bahwa 10 butir soal masuk kriteria sangat baik. Hasil analisis tingkat kesukaran mendapatkan hasil bahwa 10 butir soal berada pada kategori mudah. Hasil analisis respon guru terhadap instrumen tes berpikir kritis IPA berorientasi pendekatan STEM (TERPIKIR STEM) mendapatkan rata-rata 0,975 dan persentase sebesar 97,5 % dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Tes, Berpikir Kritis, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Melinia Prasetya
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:48
Last Modified: 29 Jul 2022 02:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12746

Actions (login required)

View Item View Item