PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN FARMAKOGNOSI DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 4 NEGARA

Dewi, Ni Made Gangga (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN FARMAKOGNOSI DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 4 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051016-COVER.pdf

Download (385kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051016-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051016-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan konten pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Farmakognosi Dasar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sekaligus mengetahui respons siswa serta guru pada konten pembelajaran yang dikembangkan terhadap kelas X di SMK N 4 Negara. Adapun hal yang membuat saya melakukan penelitian di SMK Negeri 4 Negara yaitu: 1) kurangnya motivasi belajar siswa dan 2) kurangnya bervariasi dalam pembelajaran maka dari itu peneliti memberikan solusi Pengembangan konten interaktif menggunakan software Arsticulate Storyline3, kemudian hasil dari media akan didistribusikan menggunakan LMS ( Learning Manajement Sistem ) Yaitu Goggle Classrom Penelitian ini mengaplikasikan model pengembangan ADDIE serta tergolong pada R & D. Tahapan dari model pengembangan ADDIE diantaranya: analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas X Farmakognosi Dasar SMK N 4 Negara. Pengumpulan datanya menggunakan instrument yakni lembar validasi ahli, angket uji perorangan, kelompok kecil, lapangan, serta respons pendidik serta peserta didik. Hasil penelitian mengindikasikan: 1) Pengembangan serta implementasi konten pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan nilai rata-rata 1,00 dengan kriteria sangat valid untuk uji validasi dari ahli isi, ahli desain serta media pembelajaran, 2) Hasil uji efektivitas melalui pre-test serta post-test mendapatkan nilai N-Gain 0,876 dengan interpretasi efektif, 3) Hasil perhitungan respons guru mendapat skor rata-rata 46 serta skor rata- rata siswa yakni 69,15 yang tergolong Sangat Praktis. Kesimpulan penelitian ini yakni konten yang dikembangkan sesuai dengan kriteria produk yang baik diantaranya kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif), serta kepraktisan (sangat praktis). Kata Kunci : Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Model Pengembangan ADDIE, Jenis Penelitian R&D, Farmakognosi Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Model Pengembangan ADDIE, Jenis Penelitian R&D, Farmakognosi Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Made Gangga Dewi
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:51
Last Modified: 16 Sep 2022 02:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12880

Actions (login required)

View Item View Item